Tuesday 23 April 2013

Alamat Twitter Pak presiden *SBY*

 Berbagi Kicauan dan Foto di Twitter

“Selamat datang di twitterland, Pak @SBYudhoyono”. Begitulah bunyi beberapa pesan yang masuk dari sebagian masyarakat Indonesia pengguna media sosial berlambang burung biru, twitter, ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi meluncurkan akunnya. Akun twitter dengan nama @SBYudhoyono ini resmi diluncurkan di Istana Cipanas, Bogor, Sabtu 13 April 2013 lalu.

Kepala Negara memutuskan untuk membuat akun resmi di twitter selain dengan alasan agar dapat menyapa, berbagi, menyampaikan inspirasi, dan hal-hal penting yang mungkin berguna bagi rakyat Indonesia, Presiden juga ingin mengetahui aspirasi rakyat yang akan lebih mudah tersampaikan melalui media Twitter. Selama 8,5 tahun mengemban amanah rakyat, sebenarnya SBY juga sering menerima tanggapan, keluhan, dan aspirasi dari rakyat melalui PO. Box 9949 dan SMS 9949. Namun melalui twitter, Presiden berharap dapat lebih dekat dengan rakyat dan bisa langsung menanggapi setiap isu yang terjadi di tanah air ataupun luar negeri.

"Menyapa, merespon, memberi informasi, mendudukan masalah pada konteksnya yang benar dan hal lain yang menurut pandangan saya bagus, bisa dialirkan langsung melalui media sosial atau twitter ini," ujar Presiden SBY pada peluncuran akun resminya itu.

Karena ini adalah akun resmi dari tokoh publik yang juga orang nomor satu di Indonesia, maka sebelum diluncurkan, proses verifikasi dari pihak Twitter terlebih dulu dilakukan. Dengan langkah verifikasi ini, para followers akan mengetahui bahwa akun tersebut memang milik orang yang bersangkutan.

Dengan kesibukannya sebagai kepala negara/kepala pemerintahan, Presiden SBY tentu tidak memiliki banyak waktu untuk mengelola akun twitternya. Oleh karena itu, Presiden SBY dibantu oleh Staf Khusus Presiden. Namun ketika Presiden hendak menulis atau menyapa langsung para followersnya, ada tanda *SBY* yang menandakan bahwa twit tersebut ditulis langsung oleh Presiden SBY.

Twit pertama Presiden SBY berbunyi, “Halo Indonesia. Saya bergabung ke dunia twitter untuk ikut berbagi sapa, pandangan, dan inspirasi. Salam kenal. *SBY*.

Sebelum secara resmi meluncurkan akun twitternya, Istana kepresidenan juga telah meluncurkan akun twitter resminya dengan alamat @IstanaRakyat. Akun ini banyak bercerita tentang sejarah Istana-istana Kepresidenan di Indonesia dan juga cerita tentang sisi lain Presiden dan Ibu Negara.

Selain SBY dan Istana, Ibu Negara Hj. Ani Bambang Yudhoyono juga ikut berselancar di dunia maya. Namun berbeda dengan SBY, Ibu Ani tidak memilih twitter, tetapi lebih memilih membuka akun resmi di sebuah situs fotografi, Instagram. Melalui akun pribadinya yang kini sudah memiliki kurang lebih 12.000 followers, aniyudhoyono, Ibu Negara mengunggah hasil jepretannya yang lebih banyak bertema pemandangan, flora, dan fauna.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Ibu Negara sangat menyukai dunia fotografi. Bahkan pada 28 Oktober 2011 lalu, Ibu Ani resmi meluncurkan buku fotografinya yang diberi tajuk The Colors of Harmony, a Photography Journey. Buku ini merupakan perjalanan hidup Ibu Ani dalam menemukan kembali keindahan di sekitar kita melalui fotografi.

Akun twitter dengan nama @IbuANYudhoyono yang telah beredar di dunia maya bukanlah akun resmi Ibu Negara. Ibu Ani sama sekali tidak memiliki akun di twitter. Jadi, buat para pengguna twitter atau tweeps, jangan sampai terkecoh oleh setiap twit yang diunggah oleh akun @IbuANYudhoyono.

Saat ini wesbsite resmi Presiden RI dan Ibu Negara juga memiliki akun resmi dengan alamat @websitepresiden. Jika anda ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Presiden SBY dan Ibu Ani, silakan mengikuti akun itu. Selamat datang di dunia twitter, Bapak Presiden.

 Sumber:http://www.presidenri.go.id/index.php/kibar/2013/04/22/158.html

0 comments: