Monday 14 January 2013

Do'a Berangkat Kerja



DO'A BERANGKAT KERJA
"Allahummarzuqnii rizqan halaalan thayyiban wasta’milnii thayyiban. Allahummaj’al awsa’a rizqika ‘alayya ‘inda kibari sinnii wanqithaa’i umrii. Allaahummakfinii bihalaalika ‘an haraamika wa aghninii bifadhlika ‘am-man siwaaka. Allaahumma in nii as-aluka rizqan waasi’an naafi’an. Allaahumma innii as-alukan na’iimal muqiinal ladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.
Artinya:"Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu ni’mat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.



AGAR PERJALANAN SUKSES DAN BERKAH

Dalam Islam bekerja bukan hanya sekedar menumpuk numpuk harta,melainkan lebih mulia lagi adalah sebagai IBADAH.Untuk setiap langkah memulai kerja hendaknya dimulai dengan Do'a.

Sejak kita melangkah kan kaki kita untuk mencari nafkah,menjemput karunia Allah di berbagai profesi,hendaknya dikawal dengan niat ibadah dan didahului dengan do'a.

Berikut tuntunan dan do'a agar pekerjaan sukses sekaligus berkah:

DIAWALI DENGAN WUDHU

Sebelum kita berangkat bekerja, alangkah baiknya diawali dengan wudhu.Dalam satu hadist dijelaskan,wudhu bisa mengangkat derajat.Rasulullah SAW,'Abu Hurairah meriwayatkan Rasullah SAW bersabda,''Maukah kalian aku tunjukkan aktifitas yang dapat menghapus dosa dan mengangkat derajat?Para sahabat menjawab,''Mau ,Rasul.''Rasulullah melanjutkan sabdanya,''Menyempurnakan wudu disaat sulit,memperbanyak pergi ke masjid dan membiasakan menunggu waktu salat setelah salat.Itu semua merupakan tali yang kuat."(HR.Muslim).

SALAT DHUHA DULU

Sebelum berangkat bekerja,sempatkanlah untuk menjalankan salat duha,minimal dua rakaat,syukur syukur empat rakaat.Rasulullah menjamin,salah satu keutamaan salat duha adalah jaminan rezeki.Dari Mu'im bin Hammar,Nabi Saw bersabda,'' 'Tuhanmu Yang Maha Tinggi,telah berseru,''Hai anak Adam!Shlatlah empat rakaat bagi Aku dari awal siang.Maka Aku akan cukupkan engkau di akhir siang itu.'' (HR Ahmad dan Abu Daud).

DO'A KELUAR RUMAH

Begitu keluar rumah,kita juga diajarkan do'a.salah satu do'anya,''Bismillahi tawakkaltu'allahi la haula wala quwwata illa billah,Allahumma inni a'udzubika ,au azilla au uzalla,au azhilma au uzhlama,au ajhala au yujhala 'alayya,''(dengan nama allah (aku keluar).Aku bertawakkal kepadaNya,dan tiada daya dan kekuatan kecuali karena pertolongan allah.''
Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu,jangan sampai aku sesat atau disesatkan (setan atau orang yang berwatak setan),berbuat kesalahan atau disalahi,menganiaya atau dianiaya (orang),dan berbuat bodoh atau dibodohi.''
(HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

DO'A NAIK KENDARAAN

Begitu mau naik kendaraan ,iringi lagi dengan do'a.Salah satu do'anya.''Allahu Akbar 3 X,Subhanalladzi sakhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinin wa inna ila Robbina lamungkolibun,Allahumma inna nasaluka fi safarina hadza al-Birro wa at-Taqwa,wa minal'amali ma tardha,Allahumma hawwin'alainasafarona hadza,wathwi 'anna bu'dahu,Allahumma antasshohibu fi assafari,wa al-Kholifatu fi al-Ahli,Allahumma inni a'udzubika min wa'tsai as -safari wa kaabatil manzhori wa suil muqnqolabi fi al- Mali wa al-Ahli.(Wa idza roja'a qolahunna wa zada) ay ibuna taibuna 'abiduna lirobbina hamidun.''(Allah Maha Besar) 3 X.Maha Suci Tuhan yg menundukkan kendaraan ini untuk kami,sedang sebelumnya kami tidak mampu.Dan sesungguhnya,kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari kiamat).
Ya Allah,Sesungguhnya kami memohon kebaikan dan taqwa dalam bepergian ini,kami mohon perbuatan yang meridhakan Mu.Ya Allah,Permudahlah perjalanan kami ini,dan dekatkanlah jaraknya bagi kami.ya Allah,Engkaulah teman dalam bepergian dan yang mengurusi keluarga ku.Ya Allah,sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari kelelahan dalam bepergiaan,pemandangan yg menyedihkan dan perubahan yang jelek dalam harta dan keluarga.''Apabila kembali,do'a di ats dibaca dan ditambah ,''Kami kembali dengan bertaubat,tetap beribadah dan selalu memuji kepada Tuhan kami.(HR .Muslim)

0 comments: