Saturday 8 December 2012

Kunci Sukses Dalam Usaha

Cara Tepat Untuk Anda Yang Ingin Terjun di Bidang Usaha/Bisnis


Semua orang pastinya ingin tahu bagaimana sih tips dan cara usaha bagi para pemula yang ingin berbisnis agar bisnisnya itu berbuah kesuksesan?
banyak orang yang malas dalam melakukan kegiatan bsnis/usaha karena takut dengan resiko dari sebuah usaha yang mereka jalani,. karena mereka menilai suatu usaha/bisnis hanya bersifat untung-untungan
kadang untung,. tapi bisa juga rugi.
sehingga tidak jarang orang yang memilih bekerja sebagai buruh ataupun karyawan, karena itu di nilainya sangat jelas dalam penghasilan dan resiko juga ringan, tanpa mereka harus memikirkan banyak hal tentang bagaimana cara dan strategi menjalankan sebuah bisnis itu sendiri.
Untuk sebuah bisnis/usaha tentunya anda harus tau bagaimana sih caranya agar bisnis kita sukses,.
Cara usaha pastinya berbeda dengan orang yang hanya bekerja sebagai karyawan atau pekerja biasa
Cara usaha adalah sebuah titik berat kepada siapakah diri anda dan seberapa jauh mental anda untuk sukses dalam menjalankan usahanya. sebaliknya orang yang penakut dan cepat menyerah lebih banyak mengalami kegagalan dalam berusaha daripada orang yang berani dan siap mengambil resiko tetapi yakin dengan apa yang akan ia jalankan dalam bisnisnya tersebut
Untuk bisa sukses dalam menjalankan usaha khususnya bagi seorang pemula adalah harus mengetahui bagaimana strategi cara usaha yang pas bagi para pemula yang belum punya banyak pengalaman di bidang bisnis yang ia kelola.
Bagaimana sih Cara dan strategi usaha yang bisa di jalankan bagi para pemula,.
Berikut beberapa cara yang mungkin bisa anda coba:

1. Memulai sebuah usaha dengan modal kecil
Cara usaha mudah pertama kali yang bisa Anda coba sebagai pemula adalah dengan memulai sebuah usaha bisnis dengan modal kecil. Rata-rata para pemula takut menjalani sebuah usaha bisnis adalah lantaran ketakutan akan mengalami kerugian yang besar. Untuk mencegah kekhawatiran tersebut, cobalah memulai dengan model bisnis usaha bermodal kecil. Kalau pun Anda nantinya tetap rugi, tentunya tidak akan terlalu menyakitkan bagi Anda, dan Anda pun belum jera untuk memulai sebuah usaha lanjutan.
Ada banyak jenis usaha modal kecil yang bisa Anda coba, juga bisa disesuaikan dengan model bisnis yang Anda minati. Misalnya Anda menginginkan usaha bisnis makanan, makanan menjual makanan ringan khas suatu daerah tidak terlalu membutuhkan modal yang besar dibanding dengan harus membuka usaha rumah makan yang besar.

2. Memulai sebuah usaha bisnis yang didasarkan pada hobi dan minat
Cara usaha mudah yang kedua bagi para pemula adalah dengan menjalankan sebuah usaha bisnis yang merupakan hal yang menjadi hobi atau kesukaan Anda.  Mengapa harus diawali dari hal yang menjadi hobi?
Tahukah Anda keasyikan tersendiri yang akan muncul saat kita bekerja pada sebuah bidang yang sangat kita cintai dan menjadi kegemaran pribadi? Dengan penghasilan sedikit pun kita tetap akan menjadi senang dengan pekerjaan tersebut, bahkan tanpa dibayar sekalipun, kita tetap bersemangat menjalani kegiatan yang menjadi hobi kita tersebut. Dan dalam dunia bisnis, cara usaha seperti ini juga dalam rangka mencegah kerugian yang lebih besar saat menjalankan usaha. Kesukaan Anda terhadap sesuatu tentunya akan membuat Anda mengetahui lebih banyak tentang sesuatu hal tersebut. Dengan pengetahuan itu nantinya akan menjadi modal Anda dalam menjalankan usaha bisnis tersebut.

3Belajar bisnis dari orang sukses
Cara bisnis selanjutnya bagi para pemula adalah dengan mempelajari sejarah dan cara bisnis orang-orang sukses. Banyak orang sukses membuka sebuah usaha, hanya lantaran dulunya ia adalah seorang pekerja di sebuah usaha bisnis ternama. Dengan kreatif ia pun membangun bisnis serupa setelah mengetahui dan banyak belajar tentang konsep bisnis dari bosnya. Karena modal pengalaman dan keberanian, akhirnya orang tersebut kini sukses menjalankan usaha bisnis miliknya sendiri, dan ia pun resign dari perusahaan bisnis tempat ia bekerja sebelumnya. Cara usaha seperti ini cukup banyak dilakukan orang. Jika saat ini Anda termasuk orang-orang yang sedang menjadi pekerja di sebuah usaha bisnis yang cukup terkenal, maka tak salah jika Anda mengambil langkah dan peluang tersebut untuk kesuksesan Anda di masa akan datang. Jangan mau selamanya menjadi pekerja, anggap lah masa-masa bekerja adalah masa Anda untuk menempa pengalaman serta mencari pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang konsep usaha bisnis yang dijalankan.

4. Fokus dan Tekun
Fokus merupakan kata yang menakutkan untuk beberapa orang. Apa manfaat fokus bagi kita? Bisakah kita memprogram diri kita untuk fokus?Belajar untuk fokus bisa membantu kita dalam banyak hal. Fokus bisa membuat kita sadar pada apa yang benar-benar kita inginkan dalam hidup ini, dapat membantu kita membuat keputusan yang baik sesuai dengan tujuan yang ingin kita capai.
Fokus bisa menambah kepercayaan diri, kekuatan, dan kebahagiaan. Fokus membuat kita tetap berada dalam track/lintasan menuju kesuksesan.

5. Percaya diri
Anda harus memiliki kepercayaan yang kuat dan positif. anda harus yakin bahwa anda bisa menjadi seorang wirausaha yang sukses, atau wirausaha itu mudah asal kita tahu caranya. Keyakinan yang positif seperti itulah yang harus anda bangun. Jangan sampai yang negatif yang justru mendominasi pikiran anda. misalnya seperti : saya takut gagal, wirausaha itu perlu bakat, dll. Pikiran negatif seperti itu harus anda singkirkan jauh-jauh.

6. berDo'a
Menurut saya Berdoa adalah hal terpenting dalam setiap hal. Karena bagaimanapun kerasnya usaha kita, tetap saja tuhan jugalah yang menetukan. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berusaha... sekian dulu tips dari saya, semoga bermanfaat bagi teman teman yang ingin ber wirausaha

0 comments: